Thursday, September 1, 2011

Change photo’s date modified / creation to date taken ( from EXIF information )

Pada saat kita melihat isi dari sebuah folder maka yang akan terlihat biasanya adalah nama file dan tanggal file itu dibuat atau dimodifikasi. Jika file ini berupa foto, maka tanggal file bisa berbeda dengan tanggal pada saat foto itu diambil. Di Windows 7, tanggal foto diambil bisa dilihat melalui informasi EXIF yang tertanam di dalam file tersebut. Kita bisa klik kanan di baris atas (yang menunjukkan informasi name, date modified, dsb), dan pilih “date taken”.

Namun untuk mempermudah, kita bisa saja mengubah semua tanggal date modified atau creation dengan date taken yang ada di dalam EXIF melalui aplikasi ini : EXIF Date Changer .

Beberapa fitur penting :

  • Mengubah informasi date/time semua file di dalam folder
  • Mengubah nama file sesuai dengan date/time taken
  • Mengubah format nama file

Di bawah ini adalah contoh file dengan date modified berbeda dengan date taken.

image

Kita bisa ubah supaya date modified sama dengan date taken (untuk mempermudah mencarian file) dengan cara sebagai berikut :

image

image

Hasilnya akan seperti ini :

image

4 comments:

Ana Anta Huwa said...

Pak Tony saya mau tanya..

Saya sedang mencari tahu date taken di excel, berdasarkan laporan yg dikirim tiap hari.. karena laporan berupa foto per hari kebanyakan fiktif (mengcopy dr periode sebelumnya)..

Sebelum & sesudahnya saya ucapkan terima kasih banyak.. :)

Ana Anta Huwa said...

Pak Toni saya mau tanya..

Saya sedang mencari tahu tentang "date taken excel" & nyasar di blog Bapak :)

Saya sedang mencari cara untuk tahu date taken excel dr laporan harian yg berupa foto, karena banyak kasus yg laporannya fiktif (mengcopy foto dr periode sebelumnya & di edit lg)..

Mohon share ilmunya ya Pak...
Sebelum & sesudahnya saya ucapkan terima kasih banyak.. ^_^

Tony Seno Hartono said...

@Ana Anta Huwa - kalau filenya berupa Excel (extension *.xls atau *.xlsx), yang ada adalah "date created" atau "date modified". Field "date taken" selalu kosong utk file excel ini.

Untuk foto dari kamera (extension biasanya *.jpg) ada field "date taken" karena ini artinya tanggal pada saat foto diambil melalui kamera.

Unknown said...

Thank you pak bro, it's work....