Wednesday, July 15, 2009

Membuat Foto Panorama dengan aplikasi Gratis : Microsoft Image Composite Editor

Jika anda suka fotografi dan senang mengambil gambar2 panarama (lebar), anda akan suka dengan aplikasi gratis Microsoft Image Composite Editor (ICE).

Aplikasi Microsoft Image Composite Editor merupakan panoramic image stitcher yang canggih. Aplikasi ini akan menggabungkan beberapa buah foto yang diambil secara berurutan dari satu lokasi untuk menghasilkan sebuah gambar panorama yang bagus. Format panorama yang dihasilkan bisa disave ke dalam beberapa format umum seperti JPEG, TIF, atau format baru seperti HD View dan Silverlight Deep Zoom.

Di bawah ini adalah beberapa foto yang saya ambil sewaktu saya berliburan ke danau toba di awal bulan Juli lalu. Foto diambil menggunakan kamera DSLR dari satu titik di tepi danau toba secara memutar :

image

Percobaan pertama dengan ICE langsung menghasilkan gambar indah di bawah ini (tanpa retouching !!). Yang lebih menarik lagi adalah ICE juga bisa menghasilkan format DEEP ZOOM. Silahkan click gambar di bawah untuk melihat dalam format Deep Zoom !

P7047784_stitch

Ini foto yang lain yang saya ambil di salah satu pantai di Aceh yang paling parah terkena tsunami beberapa tahun yang silam dan sekarang sudah recover….

PC243657_stitch_2

1 comment:

RedSouljaz said...

Nice bgt nih. Thanks for sharing
Saya biasa pake photoshop. Kalau ada yg gratis kayak gini kan lumayan bgt